Sensitifitas Harga Potong Rambut di Indonesia

Jika kita tengok sejarahnya profesi barber, kita ketahui barber termasuk salah satu profesiĀ  tertua di dunia. Tapi mengapa di negara berkembang profesi ini masih menyandang status ala tukang yang tidak layak dibayar mahal. Perbandingan harga potong rambut di negara maju dengan di negara berkembang seperti langit dan bumi. Di negara terdekat saja seperti singapura tarifnya berkisar 300 ribu rupiah sampai 500 ribu.

Di Indonesia profesi barber belum diapresiasi dibanding negara maju. Di tahun 2000an rata2 pangkas bertarif 5000 s/d 10.000 rupiah bertahan sampai tahun 2013. Bahkan sampai sekarang masih ada tarif pangkas 5000 perak. Mengapa demikian? Saya awalnya mikir krn pemerintah tdk pernah memikirkan dan mengatur profesi ini sehingga apresiasi dari masyarakat kurang. Padahal profesi ini erat loh kaitannya dengan image penampilan seseorang. Rambut rapi faktor penting dlm segala situasi terlihat oleh orang lain. Kesan pertama penilaian orang adalah rambut. Bayangkan jika anda ketemu klien bisnis dengan style rambut tidak rapi tentu orang lain akan berkomentar negatif atau malah menimbulkan distrust.

Lalu mengapa di Indonesia profesi barber kurang dihargai? Mengapa mindset pelanggan kalo potong rambut harus murah? Penyebabnya adalah ilmu pengetahuan atau edukasi. Solusinya? Ada wadah untuk menimba ilmu barber baik oleh swasta, komunitas ataupun pemerintah. Lanhkah kedua dengan mengedukasi ke masyarakat bahwa potong rambut yang rapi dan bagus tidaklah murah. Dengan kedua cara itu (edukasi barber & masyarakat) lambat laun tarif barber bisa dinaikkan dan kesejahteraan barber bisa ditingkatkan.

Semoga artikel kali ini bermanfaat, salam barber luar biasa!

Tulisan ini dipublikasikan di Bisnis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *