Dimana menurut agan barbershop atau tempat cukur pria terlaris di dunia? Silakan dengan jawaban masing-masing, namun menurut penulis tempat cukur terlaris untuk kaum pria ada di Tanah Suci Mekkah, Saudi Arabia. Mungkin ini klaim subyektif dari penulis, namun jika ada pembaca yang bisa menunjukkan tempat cukur lain yang lebih laris dari barber shop di komplek Masjidil Haram, langsung isi comment dibawah.

Barber shop di dekat komplek Masjidil Haram sepertinya dikelola oleh otoritas Masjidil Haram untuk melayani para jamaah yang berniat potong rambut. Seperti diketahui salah satu prosesi ibadah umrah atau haji adalah tahallul atau selesai melaksanakan dengan sempurna rukun umrah seperti niat, thawaf dan sai’e dengan cara memotong minimal tiga helai rambut kepala, namun bagi pria lebih afdhol jika mencukurnya.

Bangunan barber shop disini terdiri dari sekitar dua puluhan kios-kios yang berukuran kurang lebih 3 x 3 meter, berisi 6-9 meja kursi cukur beserta para tukang cukurnya yang kebanyakan berasal dari Pakistan dan India dengan tarif yang telah diseragamkan, cukur menggunakan gunting 10 riyal, cukur menggunakan mesin pencukur 15 riyal dan cukur menggunakan pisau silet dikenakan 20 riyal.

Rata-rata per orang dilayani 5-10 menit dengan antrian yang nyaris tiada henti, apalagi dimusim-musim ramai seperti ramadhan, lebaran atau hajian. Berbagai model sebenarnya dilayani, namun rerata dipotong gundul tipis atau dikerok sampai licin kepalanya.

Anda bisa menghitung sendiri, kira-kira berapa omzet per harinya. Dengan hitungan rata-rata terendah saja, misal jumlah tukang cukurnya 100 orang per jam setiap tukang cukur bisa mencukur 10 orang dengan tarif terendah 10 riyal saja sudah terkumpul 100 x 10 x 10 = 10000 riyal, dengan kurs 1 riyal = 3000 rupiah menghasilkan 30 juta!

Itu baru satu jam, padahal barber shop ini nyaris buka 24 jam. Tutup hanya saat sholat wajib dan pengunjungnya setiap hari tak pernah sepi. Sungguh bisnis yang menggiurkan. Usaha yang akan selalu ada selama orang masih tumbuh rambut dikepalanya. Diluar tempat ini pun merupakan peluang usaha yang menarik. Agan mau mencoba buka usaha barbershop?

0 comment

You may also like

Leave a Comment